Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) | UPP
Home Lembaga Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI)

Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI)

Keberadaan sistem penjaminan mutu di UPP diawali pada tahun 2012, UPP telah membentuk Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI). LPMI dibentuk dalam rangka implementasi kebijakan nasional yang tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2005 tentang Sisdiknas dan PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Arah kebijakan mutu yang dirintis oleh LPMI mengacu kepada arah kebijakan mutu SPM-PT Ditjen Dikti Kemdiknas.

UPP UPP telah memiliki manual mutu yang lengkap meliputi: Pernyataan Mutu, Kebijakan Mutu, Standart Mutu, Prosedur Mutu, Instruksi Kerja dan Sasaran Mutu, yang tersusun dalam suatu sistem dokumen. Pada akhir Tahun 2009 yang lalu, dokumen tersebut telah disosialisasikan sampai ke tingkat fakultas, dan sebagian fakultas telah menindaklanjutinya dengan sosialisasi di tingkat jurusan/prodi. Beberapa fakultas telah membentuk tim penjaminan mutu dengan surat keputusan atau surat tugas Dekan.

Sampai saat ini, beberapa hal yang telah dilakukan LPMI antara lain adalah:

  1. Menyusun kebijakan akademik dan nonakademik universitas,
  2. Mengembangkan perangkat dan panduan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian serta kegiatan
    nonakademik,
  3. Melakukan sosialisasi dokumen penjaminan mutu,
  4. Melakukan monev internal terhadap keterlaksanaan program yang diusulkan jurusan bagi jurusan
    pemenang PHK secara berkala, dan
  5. Mendampingi tim eksternal monev dari Dikti saat melakukan monev ke beberapa prodi di lingkungan UPP

STRUKTUR LPMI

Fungsi, tugas pokok dan indikator kinerja organ-organ LPMI
Pimpinan UPP (Ketua dan Sekretaris)
Ketua UPP
Memimpin penyelenggaraan penjaminan mutu UPP pada satuan Akademik satuan usaha komersial, serta kekayaan dan dana. Menjadi perwakilan manajemen (management representative) untuk masalah mutu instititut.

Tugas Pokok

  1. Merencanakan, melaksanakan, mengontrol, mengendalikan dan mengevaluasi seluruh kegiatan LPMI, sesuai dengan rencana program, kegiatan, dan pendanaan tahunan dan lima tahunan UPP.
  2. Memimpin dan membina seluruh personil dan pegawai LPMI, serta perangkat organisasi yang diperlukan.
  3. Menyelenggarakan koordinasi kerja dengan pihak-pihak yang relevan untuk terwujudnya keberhasilan penjaminan mutu di UPP.
  4. Secara pro-aktif menjaring dan mempelajari berbagai pandangan masyarakat UPP dan masyarakat luas tentang mutu UPP.
  5. Melakukan kajian-kajian dan menyusun rekomendasi penjaminan mutu di UPP yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kondisi UPP.
  6. Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut di atas, ketua LPMI mengoptimumkan potensi dan sumber daya yang menjadi lingkup fungsinya.

Indikator Kinerja

  1. Tercapainya visi dan misi penjaminan mutu di UPP sesuai dengan target tahunan dan lima tahunan mutu di UPP.
  2. Terlaksananya seluruh program dan kegiatan LPMI sesuai target pencapaian yang telah ditentukan.
  3. Terlaksananya koordinasi kerja yang efektif dengan pihak-pihak yang relevan untuk terwujudnya keberhasilan penjaminan mutu di UPP.
  4. Dihasilkannya rekomendasi mengenai usaha kebijakan normatif dan kebijakan operasional yang perlu ditetapkan Rektor dan Senat Universitas

Sekretaris LPMI
Fungsi
Membantu ketua LPMI UPP dalan menyelenggarakan penjaminan mutu UPP, termasuk dalam (1) pengembangan standar mutu serta pedoman dan panduan pencapaianya serta (2) pemantauan pelaksanaan penjaminan mutu dan evaluasi hasil pelaksanaan penjaminan mutu.

Tugas Pokok

  1. Melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka perumusan, penentuan dan pengembangan standar mutu, serta penyusunan pedoman dan panduan pencapaian standar mutu sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan.
  2. Melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka pemantuan pelaksanaan penjaminan mutu serta tracer study dan evaluasi hasil pelaksanaan penjaminan mutu sesuai dengan agenda yang sudah ditetapkan.
  3. Mengembangkan dan menyempurnakan secara terus-menerus standar mutu serta pedoman dan panduan pencapaian standar mutu.
  4. Mengembangkan dan menyempurnakan secara terus-menerus metode pelaksanaan dan metode evaluasi hasil pelaksanaan penjaminan mutu.
  5. Menyusun dokumen LPMI hasil penyempurnaan standar mutu serta pedoman dan panduan pencapaian standar mutu serta menyusun rekomendasi mengenai usulan kebijakan normatif dan kebijakan operasional yang perlu ditetapkan.
  6. Menyusun dokumen LPMI hasil pemantuan pelaksanaan penjaminan mutu dan evaluasi hasil pelaksanaan penjaminan mutu serta menyusun rekomendasi mengenai usulan kebijakan normatif dan kebijakan operasional yang perlu ditetapka

Indikator Kinerja

  1. Berlangsungya seluruh kegiatan dalam rangka perumusan penentuan, dan pengembangan standar mutu serta penyusunan pedoman dan panduan pencapaian standar mutu sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan.
  2. Berlangsungnya seluruh kegiatan dalam rangka pemantauan pelaksanaan penjaminan mutu serta tracer study dan evaluasi hasil pelaksanaan penjaminan mutu sesuai dengan agenda yang sudah ditetapkan.
  3. Dihasilkannya rekomendasi mengenai pengembangan dan penyempurnaan standar mutu serta pedoman dan panduan pencapaian standar mutu kepada Ketua LPMI.

Tugas dan fungsi selanjutnya bisa diunduh dibawah ini:

PROFIL LPMI