UPT Perpustakaan | UPP
Home Lembaga UPT. Perpustakaan UPP

UPT. Perpustakaan UPP

Menurut PP No. 60 th 1999. dan Kepmendikbud No. 0276/ 0/1999 perpustakaan adalah unit pelaksana teknis di bidang perpustakaan yang menunjang pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Perpustakaan mempunyai tugas memberikan pelayanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

fungsi:

  1. menyediakan dan mengolah bahan pustaka.
  2. memberikan layanan dan pendayagunaan bahan pustaka.
  3. memelihara bahan pustaka.
  4. melakukan layanan referensi.
  5. melakukan urusan tata usaha pustaka.

Pengelolaan Perpustakaan yang dinamis dan bisa beradaptasi dengan kebutuhan pemakainya merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen Perpustakaan. Karena itu commitment   for   improvement dari pengelola perpustakaan harus terus dipelihara agar semangat memberikan layanan yang terbaik bisa terus terjaga. Untuk meningkatkan kualitas layanan, salah satunya adalah dengan memperbaiki sistem yang ada menjadi lebih baik.

Perpustakaan Universitas Pasir Pengaraian saat ini sedang melakukan pengolahan bahan pustaka menggunakan sistem automasi perpustakaan berbasis open source yaitu menggunakan aplikasi SliMS (Senayan Library Management System) yang mana pelaksanaan sudah terautomasi. Automasi sistem perpustakaan adalah implementasi TI pada pekerjaan administratif di perpustakaan, seperti proses pengadaan, pengatalogan, sirkulasi dan inventarisasi.

Dengan sistem automasi perpustakaan yang reliable, kualitas dan availabilitylayanan bisa terukur. Pada akhirnya semua itu bisa meningkatkan kepuasan pemakai perpustakaan, Karena pengguna perpustakaan merupakan titik penting dari berdirinya sebuah perpustakaan.

Layanan Perpustakaan Universitas Pasir Pengaraian terus melakukan perbaikan dan penambahan seiring peningkatan jumlahdan kebutuhan mahasiswa akan informasi akademik. Sampai tahun 2014 layanan yang bisa di lakukan meliputi:

  1. Koleksi Buku

Sampai dengan saat ini koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Universitas Pasir Pengaraian berjumlah 3061 judul judul 6766 eksemplar, meliputi jenis: buku teks, referensi, handbook, laporan penelitian, skripsi. Koleksi tersebut meliputi berbagai subjek, antara lain: Manajemen, Metodologi Penelitian, Ekonomi, Pertanian, kesehatan, Teknik, sosial, Kesehatan, Sastra, Komputer , hukum dan lain-lain.

  1. Koleksi Terbitan Berkala

Perpustakaan Universitas Pasir Pengaraian juga memeliki koleksi Terbitan berkala (majalah, jurnal) yang dikoleksi Perpustakaan Universitas Pasir Pengaraian, Sebagian besar terbitan berkala yang dikoleksi adalah berupa jurnal ilmiah dan hanya sebagian kecil kategori populer.

  1. Koleksi Terbitan Lepas

Koleksi ini berupa paper-paper atau artikel-artikel ilmiah yang ditulis oleh para dosen,mahasiswa staf peneliti Universitas Pasir Pengaraian dan juga para peneliti dari luar yang ada kaitannya dengan bidang kajian Universitas Pasir Pengaraian.

  1. Koleksi Konten Lokal

Koleksi ini berupa Skripsi dan tugas akhir mahasiswa atau artikel-artikel ilmiah yang ditulis oleh para dosen,mahasiswa staf peneliti Universitas Pasir Pengaraian dan juga para peneliti dari luar yang ada kaitannya dengan bidang kajian Universitas Pasir Pengaraian.

  1. Counter Pelayanan dan Kunjungan

Pengunjung dapat memperoleh informasi tentang cara penelusuran informasi, letak koleksi, pemanfaatan fasilitas yang ada di perpustakaan dan pelayanan peminjaman.untuk kunjungan ke perpustakaan rata- rata 30 orang perhari sebagian ada yang meminjam dan yang lain ada yang membaca

  1. Katalog Online

Pengguna perpustakaan dapat menemukan judul-judul koleksi yang dimiliki Perpustakaan Universitas Pasir Pengaraian melaui jaringan lokal Area Network (LAN).

  1. Wi-Fi Area

Dengan fasilitas ini pengunjung dapat mengakses internet secara gratis di seluruh bagian gedung Perpustakaan Universitas Pasir Pengaraian dengan menggunakan laptop.

  1. Fotokopi

Pengguna dapat memperoleh pelayanan fotokopi literatur yang diperlukan dengan cara memesan sendiri di bagian pelayanan fotokopi atau pesan melalui perpustakaan.