35 Mahasiwa Kurang Mampu Berprestasi Dapat Beasiswa dari BAZNAS Rohul | UPP
Home Berita UPP 35 Mahasiwa Kurang Mampu Berprestasi Dapat Beasiswa dari BAZNAS Rohul

35 Mahasiwa Kurang Mampu Berprestasi Dapat Beasiswa dari BAZNAS Rohul

Berita UPP | 06/10/2016

35 Mahasiwa Kurang Mampu Berprestasi Dapat Beasiswa dari BAZNAS Rohul

Kampus-UPP - Ada 35 mahaiswa kurang mampu berprestasi di Rokan Hulu (Rohul), dapat beasissa untuk Program Strata 1 (S1) dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Rohul yang disalurkan melalui Asnaf Fissabillah.

Masing-masing mahasiwa, mendapatkan bantuan Rp1,5 juta, yang disalurkan oleh Sekretaris BAZNAS Rohul, H Efilisman, S.Ag, bersama Wakil Ketua H Syamsurizal, di kantor BAZNAS Rohul, Rabu (5/10/2016), langsung ke penerimanya.

Dikatakan H Efilisman, penyaluran bantuan beasiswa bagi mahaiswa berpretasi kurang mampu, setiap tahunnya disalurkan yang dikeluarkan dari zakat Asnaf Fisabillah. Bantuan RTp1, 5 juta per mahasiswa tersebut, merupakan penyaluran tahap 2, dimana sebelumnya pada Februari 2016 lalu juga sudah disalurkan untuk 2 mahasiswa yang kuliah di luar Riau atau dalam negeri masing-masing Rp2,5 juta.

“Total bantuan untuk mahasiswa kurang mampu S1 kali ini, Rp52, 500 juta dimana sebelum disalurkan, dari 100 lebih yang ajukan permintaan bantuan beasiswa, setelah dilakukan seleksi langsung ke rumah masahsiwa tersebut hanya 35 mahasiswa yang layak menerima bantuan,” ungkap Efilisman.

Saat ini, zakat yang disalurkan masyarakat melalui BAZNAS Rohul baik itu dari pegawai, perusahaan dan pribadi, dari Januari hingga Agustus 2016 penerimaannya sudah capai Rp2,4 miliar. Sementara, yang sudah direalisasikan kepada 8 asnaf Rp1,675 miliar.

“Kemudian, kita juga sudah salurkan di tahap I untuk bantuan beasiswa pelajar berpretasi, dimana untuk tingkat SD ada 100 orang masing-masing diberikan Rp400 ribu per siswa, SLTP masing-masing Rp500 ribu per siswa untuk 100 pelajar, dan tingkat SLTA disalurkan Rp600 ribu per siswa untuk 100 siswa. Total yang disalurkan untuk SD hingga SLTA Rp150 juta, dan itu sudah disalurkan langsung ke penerima,” kata Efilisman.

Efilisman dan Syamsurizal berharap, mahasiswa dan pelajar yang dapat bantuan beasiswa agar memanfaatkan uang tersebut dengan sebaik mungkin, untuk kegiatan sekolah dan kuliah mereka.

“Jangan melihat besar atau kecilnya bantuan yang diberikan, namun manfaatkan dana itu seabaik munhkin,” imbau Efilisman.