Tips Ampuh Mendapatkan Pekerjaan | UPP
Home Berita Utama Tips Ampuh Mendapatkan Pekerjaan

Tips Ampuh Mendapatkan Pekerjaan

Berita Utama | 14/12/2015

KETATNYA persaingan mendapatkan pekerjaan menyulitkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian. Meskipun latar belakang pendidikan Anda sudah tinggi, CV dan surat lamaran sudah sempurna, hingga kini Anda masih kesulitan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Namun demikian ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai, cepat dan tepat. Berikut ini adalah empat tips ampuh mendapatkan pekerjaan.

1. Baca lowongan kerja dengan benar

 

Sebelum mengirimkan CV Anda ke perusahaan yang Anda incar, perhatikan dengan benar kualifikasi yang dicari oleh perusahaan terkait, apakah sudah sesuai dengan latar belakang pendikan hingga pengalaman Anda. Jika belum, jangan paksakan untuk melamar pekerjaan terkait. Carilah lagi dengan benar pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

2. Perjelas kemampuan Anda di CV

Saat membuat CV pastikan kemampuan yang Anda kuasai ditulis dengan jelas, dan tonjolkan kemampuan tersebut. Hal ini penting agar perusahaan dapat benar-benar mencari kandidat yang tepat dengan posisi yang ditawarkan. Yang perlu diingat adalah, pihak HR perusahaan biasanya tidak akan berlama-lama melihat CV Anda, namun jika latar belakang Anda telah sesuai dengan posisi yang dicari, pastinya CV Anda akan langsung dilirik.

3. Perhatikan surat lamaran

Sebagai pembuka atau awal dari lamaran Anda, surat lamaran tentunya menjadi hal yang perlu diperhatikan. Untuk itu sebelum Anda mengirimkan surat lamaran ke perusahaan, coba cek dan teliti terlebih dahulu nama dari pihak HR yang Anda tuju hingga nama dan alamat perusahaan. Hindari kesalahan dalam penulisan nama, penulisan kata-kata dalam surat lamaran dan kesalahan lainnya, yang nantinya hanya akan mengurangi profesionalisme Anda sebagai kandidat.

4. Perluas jaringan Anda

Selama ini pencarian lowongan pekerjaan masih difokuskan kepada pencarian secara online saja, apakah itu dari job listing, job search, situs perusahaan hingga media sosial. Yang perlu diperhatikan adalah Anda pun bisa memanfaatkan cara lain untuk menemukan pekerjaan yang sesuai, di antaranya adalah melalui acara di luar atau pertemuan umum lainnya. Perluas jaringan Anda untuk dapat berkenalan dengan orang yang tepat sesuai dengan minat Anda.

(rfa)

sumber: