Penelitian Produktivitas Perguruan Tinggi | UPP
Home Pengumuman Penelitian Produktivitas Perguruan Tinggi

Penelitian Produktivitas Perguruan Tinggi

Pengumuman | 03/05/2016

Penelitian Produktivitas Perguruan Tinggi

Dalam rangka mengukur produktivitas perguruan tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan pendidikan Tinggi menyelenggarakan penelitian produktivitas perguruan tinggi dengan melibatkan 441 perguruan tinggi negeri maupun swasta terpilih di seluruh Indonesia (daftar terlampir). Penelitian produktivitas perguruan tinggi dilakukan dengan tujuan mencari model pengukuran produktivitas perguruan tinggi yang paling sesuai dengan konteks perguruan tinggi Indonesia.

Data produktivitas perguruan tinggi yang diperlukan adalah data terhitung mulai tahun 2006 sampai dengan 2015. Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai masukan bagi perbaikan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, penyusunan kebijakan dan perencanaan penyelenggaraan perguruan tinggi bagi Kemenristekdikti, serta masukan bagi institusi perguruan tinggi dan pemangku kepentingan dalam perbaikan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan tinggi di perguruan tinggi masing-masing.

Sehubungan dengan hal itu, kami mohon kesediaan dan bantuan Bapak/lbu untuk:

  1. Mengisi instrumen Penelitian Produktivitas Perguruan Tinggi dengan data perguruan tinggi Bapak/lbu masing-masing mulai sejak tahun 2006 sampai dengan 2015 pada http://produktivitas.ristekdikti.go.id
  2. Pengisian instrumen diharapkan dapat dilakukan oleh Operator PD Dikti di perguruan tinggi Bapak/lbu rnasing-masing, sesuai dengan panduan pengisian terlampir. Panduan lengkap dapat diunduh dari http://produktivitas.ristekdikti.go.id
  3. Username dan password untuk setiap Operator PD Dikti sebagaimana terlampir.
  4. Pengisian instrumen dilakukan selama bulan April 2016, mulai tanggal l1 April sampai dengan tanggal 11 Mei 2016.
  5. Jika diperlukan perbaikan/pemutakhiran data Perguruan Tinggi Bapak/lbu yang ada di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, maka perbaikan hanya dapat dilakukan langsung di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dan tidak dapat dilakukan melaiui Penelitian ini.
  6. Data yang tidak ada di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, hanya dapat diisikan rnelalui instrumen Penelitian Produktivitas Perguruan Tinggi.

 

Besar harapan kami akan dukungan dan partisipasi semua Perguruan Tinggi terpilih dalam survey ini. Partisipasi Perguruan Tinggi yang Bapak/lbu pimpin melalui pengisian instrumen Penelitian Produktivitas Perguruan Tinggi akan berpengaruh terhadap evaluasi kinerja perguruan tinggi (termasuk pemeringkatan perguruan tinggi), dan layanan Kemenristekdikti bagi Perguruan Tinggi Bapak/lbu.

Atas perhatian dan bantuannya, kami sampaikan terima kasih.

Unduh:

Penelitian Produktivitas Perguruan Tinggi