PASIRPENGARAIAN – Untuk mencetak generasi unggul dan Budi pekerti menuju Indonesia emas, Universitas Pasirpengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) gelar olimpiade Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ke 3 tahun 2020, Kamis (12/3/2020) pukul 09.00 WIB.

Olimpiade IPS ke 3 ini diikuti siswa SLTP dan SLTA se Kabupaten Rokan Hulu. Macam lomba Olimpiade IPS yang di gelar prodi IPS itu terdiri dari Lomba Lagu Melayu, Lomba Biografi Tuanku Tambusai, Olimpiade IPS Terpadu dan Olimpiade Geografi.
 
Olimpiade IPS ke 3 tahun 2020 itu di buka secara langsung Ka prodi IPS, Welven Aida MPd mewakili Rektor UPP, Dr Adolf Bastian yang dihadiri para dosen di lingkungan UPP, guru pendamping peserta dan seluruh peserta tingkat SLTP dan SLTA se Rokan Hulu.
 
Ketua Prodi IPS, Welven Aida MPd mengatakan, selain kegiatan rutinitas olimpiade ini juga di taja bertujuan untuk menjaring siswa unggul di setiap sekolah sebagai ajang pembuktian prestasi.
 
“Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wujud atau bentuk bimbingan untuk mencetak generasi unggul dan berbudi pekerti menuju Indonesia emas,” papar Ka Prodi IPS UPP.
 
Lanjut Welven, dari sekian macam lomba yang telah ditaja prodi IPS UPP, lomba biografi Tuanku Tambusai merupakan satu lomba yang baru atau lomba tambahan dalam olimpiade IPS ini.
 
“Kita membuat lomba biografi Tuanku Tambusai ini dengan tujuan agar seluruh peserta yang terdiri dari siswa SLTP dan SLTA ini lebih mengenal sejarah pahlawan nasional, terkhusus Tuanku Tambusai,” tambahnya.
 
Welven menambahkan, dengan dilaksanakannya olimpiade IPS ke 3 ini diharapkan seluruh siswa SLTP dan SLTA sebagai peserta dapat mengembangkan kemampuan kognitif melalui rangkaian lomba yang diselenggarakan.
 
“Melalui kegiatan ini kami berharap seluruh peserta mampu mengembangkan kemampuannya melalui rangkaian lomba-lomba yang kita sajikan dan mendapat hasil yang sangat memuaskan serta mengharumkan nama sekolah asal,” tutur Welven.